Visi, Misi, Tujuan & Saran

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU KEPENDIDIKAN

VISI

Menjadi Fakultas yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang pendidikan dan pembelajaran yang berinovasi serta berjiwa kewirausahaan dengan landasan nilai-nilai Islam rahmatan lil‘alamin dikawasan Nasional pada Tahun 2035.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran baik akademik dan vokasional yang bermutu untuk memenuhi kebutuhan tenaga guru profesional, menjunjung tinggi etika profesi yang berjiwa kewirausahaan dengan nilai-nilai Islam rahmatan lil‘alamin.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat yang berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam Pendidikan akademik dan vokasional yang berjiwa kewirausahaan dengan landasan nilai-nilai Islam rahmatan lil‘alamin
  3. Menyelenggarakan kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan mutu kinerja fakultas.
  4. Menyelenggarakan tata kelola secara efektif dan efisien untuk penunjang peningkatan mutu fakultas.

TUJUAN

  1. Menghasilkan tenaga pendidik yang unggul, mandiri dan religius dalam bidang pendidikan sesuai dengan keilmuan dan keahliannya.
  2. Mempersiapkan tenaga pendidik pada bidang akademik dan vokasional yang menjunjung tinggi nilai-nilai islam rahmatan lil‘alamin dalam menjalankan tugas di masyarkat.
  3. Menghasilkan karya ilmiah yang bermutu dan bermanfaat dalam meningkatkan daya saing untuk kepentingan pendidikan dan masyarakat.
  4. Menghasilkan program tepat guna di bidang kependidikan untuk menciptakan masyarakat yang mandiri dan berdaya saing.
  5. Menjadi perguruan tinggi pendidikan guru yang profesional dan terpercaya
  6. Membangun penguatan jaringan kerjasama dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan berbagai pihak.

 

 

SASARAN

Sasaran Bidang Akademik

  1. Pendidikan
  • Daya tarik bagi calon mahasiswa semakin baik;
  • Kualitas calon mahasiswa meningkat;
  • Kualitas pelaksanaan dan pelayanan akademik bermutu dan meningkat;
  • Profesionalisme sumberdaya manusia di FKIP UNU Lampung meningkat;
  • Kurikulum dan perangkat kurikulum (Silabus, RPS, Kontrak Belajar dan Bahan ajar) yang berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), MBKM, dan OBE dapat diterapkan dengan baik;
  • Kemampuan soft skill mahasiswa semakin meningkat;
  • Kemampuan program kreativitas mahasiswa untuk menunjang jiwa wirausaha di internal maupun nasional (Skim KM, PMM, PKM, P2MW dari Kemendikbudikti) semakin meningkat;
  • Peningkatan kualitas mahasiswa dalam kegiatan Magang Merdeka (Skim MSIB, Studi Independen dari Kemendikbudikti) meningkat.
  • Masa studi mahasiswa kurang lebih 4 tahun dan lulus tepat waktu;
  • Kualitas lulusan untuk memenuhi kualifikasi akademik yang kompetitif meningkat;
  • Profesionalisme dan keterampilan lulusan yang memiliki daya saing dan mampu menciptakan lapangan kerja alternatif semakin meningkat.

 

  1. Penelitian
  • Tingkat partisipasi dosen dalam melakukan penelitian meningkat;
  • Daya saing dosen dalam memperoleh hibah penelitian meningkat;
  • Kualitas dan kuantitas penelitian dan publikasi ilmiah dibidang Pendidikan yang memenuhi standar ilmiah meningkat;
  • Publikasi hasil penelitian pada jurnal nasional terakreditasi dan internasional meningkat;
  • penelitian  dosen  dimanfaatkan  dalam  proses  pembelajaran  dan  kegiatan pengabdian masyarakat;
  • Jumlah mahasiswa yang terlibat dalam penelitian dosen meningkat;
  • Jumlah Program Kreativitas Mahasiswa Skim Penelitian (PKM-P dari Kemendikbudikti) meningktat;
  • Terjalin kerjasama fakultas dengan lembaga lain dalam bidang penelitian.

 

  1. Pengabdian kepada Masyarakat
  • Daya saing dosen dalam memperoleh hibah pengabdian masyarakat yang bersumber baik dari UNU Lampung maupun DIKTI meningkat;
  • Hasil PKM dosen harus terpublikasikan;
  • Jumlah Program Kreativitas Mahasiswa yang berkenaan dengan pengabdian (PKM dari Dikti) meningkat;
  • Jumlah mahasiswa yang terlibat dalam pengabdian dosen meningkat;
  • Jumlah kerjasama institusional dengan lembaga lain dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat meningkat;
  • Jumlah IPTEK bagi masyarakat meningkat

 

Sasaran Bidang Organisasi dan Manajemen

  1. Kelembagaan
  • Fungsi struktur organisasi terselenggara secara efektif, efisien dan produktif antara Universitas dengan Program Studi serta unit-unit terkait dalam kelembagaan;
  • Fungsi manajemen yang  transparan,  partisipatif,  berkeadilan, moderat, representatif  gender, akuntabel, dan memperkuat pencitraan publik dapat diimplementasikan;
  • Fungsi system perencanaan yang terintegrasi dan implementatif dapat diterapkan secara menyeluruh;
  • Fungsi sistem penjaminan mutu secara akademik terlaksana dengan baik.
  • Fungsi organisasi mahasiswa di program studi untuk peningkatan dan penunjuang kegiatan mahasiswa di fakultas dan program studi;
  • Penerapan PPEPP di Fakultas dan Program Studi terlaksana dengan baik
  • Penerapan IKU dan IKT terlaksana dengan baik
  • Pelaksanaan Tracer Study berjalan dengan baik.
  • Pelaporan IKU dan IKT Fakultas berjalan dengan baik.
  • Manajemen Keuangan Sistem pengelolaan anggaran keuangan dapat dilaksanakan dengan perencanaan yang baik,transparan, akuntabel dan proporsional.

 

  1. Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Fungsi pengelolaan administrasi kepegawaian dapat berjalan dengan baik;
  • Fungsi standar kinerja baku terlaksana dalam manajemen sumberdaya manusia;
  • Fungsi pengembangan sumberdaya manusia dalam pengorganisaisan terprogram dan terlaksana dengan baik.
  • 100% dosen FKIP UNU Lampung telah memiliki jabatan fungsional; Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala;
  • 85% Dosen FKIP UNU Lampung memiliki sertifikat Profesional
  • Pengembangan karir dan mutu Dosen dan tenaga kependidikan.
  • Dokumentasi kinerja Dosen dan Tenaga Pendidikan berjalan dengan baik;

 

 

 

  1. Manajemen Aset
  • Manajemen aset perkantoran, kelas dan laboratorium lebih efektif dan akuntabel;
  • Kualitas sarana pembelajaran (Gedung, peralatan laboratorium dan media bantu pembelajaran) semakin memuaskan;
  • Sistem informasi berbasis Teknologi Informasi semakin tersedia untuk mendukung manajemen fakultas dan Program Studi;
  • Suasana kerja dosen dan staf pendukung semakin baik dan harmonis;

 

Sasaran Bidang Kemahasiswaan dan Alumni

  • Kualitas dan kuantitas aktivitas pengembangan minat dan bakat mahasiswa untuk mendukung pengembangan mahasiswa terus meningkat;
  • Prestasi akademik, non akademik dan IPTEK mahasiswa terus berkembang baik tingkat daerah, nasional dan internasional;
  • Peningkatan Soft-skill mahasiswa untuk memperkuat daya saing lulusan;
  • Kesejahteraan spiritual dan material mahasiswa meningkat;
  • Kesempatan alumni untuk akses ke dunia kerja semakin meningkat;
  • Peningkatan peran alumni untuk pengembangan diri alumni dan almamater.

Sasaran Bidang Kerjasama

  • Kerjasama dengan berbagai institusi lokal, nasional dan international terlaksana dengan baik dan efektif untuk mendukung pengembangan seluruh fungsi dikelembagaan Universitas, Fakultas dan Program Studi
  • Sistem pengelolaan kerjasama Universitas, Fakultas dan Program Studi semakin baik.

Profil Lulusan

  1. Pendidik:

Lulusan FKIP UNU Lampung mampu menjadi calon pendidik bidang akademik di jenjang Pendidikan Dasar, Sekolah Menengah (SMP/MTs, SMA/MA/SMK atau yang sederajat) dan menjadi calon pendidik bidang vokasional pada jenjang Sekolah Menengah (SMK/STM atau yang sederajat).

  1. Peneliti Pemula:

Lulusan FKIP UNU Lampung mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian dalam bidang Pendidikan Akademik maupun Vokasional serta memanfaatkan hasil penelitian tersebut untuk meningkatan kualitas Pendidikan.

  1. Edupreneur:

Lulusan FKIP UNU Lampung mampu merancang dan mengembangkan pendidikan melalui peluang usaha Baik dari pengembangan strategi, metode, maupun media pembelajaran sebagai jembatan dan sarana peningkatan mutu pendidikan pada umumnya dan berdasarkan program studi pada khususnya.

  1. Instruktur dan Manajer:

Lulusan FKIP UNU Lampung mampu memimpin dan bertanggung jawab atas hasil kerja mandiri maupun kelompok, mampu mengelola sumber daya yang ada dan mampu mengambil keputusan yang tepat dalam mengatasi masalah di Masyarakat.

Kompetensi Inti Lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNU Lampung

  1. Mampu menguasai bidang keahlian sesuai dengan program studi masing-masing;
  2. Mampu melaksanakan pembelajaran sesuai dengan bidang keahlian masing-masing secara professional;
  3. Mampu membuat dan mengembangkan bahan ajar sesuai dengan bidang keahlian masing-masing;
  4. Mampu melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan, terutama yang sesuai dengan bidang keahlian masing-masing;
  5. Mampu memberikan kegiatan layanan pada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.

Berdasarkan kompetensi inti tersebut, lulusan FKIP UNU Lampung diharapkan dapat bekerja sebagai:

  1. Tenaga Pendidik (Guru) sesuai dengan bidang keahlian masing-masing;
  2. Tenaga peneliti/Asisten Peneliti sesuai dengan bidang keahliannya;
  3. Perancang model pembelajaran sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.